E-COMMERCE ( ELECTRONIC COMMERCE) PADA BHINNEKA.COM

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media ini. Dan salah satu manfaat dari keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk. Suatu produk yang dionlinekan melalui internet dapat membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produknya di kenal di seluruh dunia.

Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi perdagangan yang sekarang di Indonesia telah mulai diperkenalkan melalui beberapa seminar dan telah mulai penggunaannya oleh beberapa perusahaan yaitu electronic commerce atau yang lebih dikenal dengan e-commerce, yang merupakan bentuk perdagangan secara elektronik melalui media internet. e-commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Jadi proses pemesanan barang dikomunikasikan melalui internet.

Keberadaan e-commerce merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini, karena e-commerce memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalam melakukan transaksi perdagangan. meskipun para pihak berada di dua benua berbeda sekalipun. Dengan e-commerce setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam tahap negoisasi. Oleh karena itu penulis juga tertarik untuk memaparkan E-Commerce pada Bhineka.com.

 

1.2. Rumusan Masalah

Makalah ini merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:

  1. Bagaimana sejarah E-Commerce?
  2. Apa pengertian E-Commerce?
  3. Apa saja jenis-jenis E-Commerce?
  4. Apa saja contoh E-Commerce?
  5. Apa saja dampak E-Commerce?
  6. Apa saja web yang di keluarkan oleh E-Commerce?
  7. Apakah Bhineka.com?

1.3. Ruang Lingkup

Dalam makalah ini, penulis membatasi masalah yang akan dibahas pada    materi kuliah E-commerce. Pembahasan lebih dikhususkan pada e-commerce( electronic commerce) pada Bhinneka.com. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertegas pembahasan sehingga dapat terfokus pada masalah yang akan di bahas serta dapat memberikan gambaran umum tentang isi makalah sehingga pembaca lebih mudah mempelajarinya.

1.4. Maksud dan Tujuan

Maksud dari penyusunan tugas ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi salah satu tugas mata kuliah Pemrograman Terstruktur di Bina Sarana Informatika. Sedangkan tujuan dari penulisan tugas ini adalah:

  1. Menerapkan teori yang didapat selama belajar di Bina Sarana Informatika.
  2. Mengembangkan kreativitas dan wawasan penulis.
  3. Memberikan uraian tentang e-commerce (electronic commerce) pada Bhinneka.com.

1.5. Metode Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan tugas ini, penulis menggunakan metode Browsing Internet, yaitu yang dilakukan dengan browsing atau membaca atau mencari referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam tugas ini di internet.

1.6. Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari dan mengetahui isi makalah ini, penulis memberikan uraian singkat mengenai gambaran pada masing-masing bab melalui sistematika penulisan yaitu :

BAB I    PENDAHULUAN

Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang latar belakang penulisan, maksud dan tujuan serta metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk menyusun tugas ini. Selain itu, penulis juga menguraikan mengenai ruang lingkup permasalahannya yang dibahas dan sistematika penulisan.

BAB II PEMBAHASAN

Pada bab ini, penulis menguraikan tentang materi-materi yang akan dibahas karena bab ini merupakan bab utama dari makalah ini. Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah e-commerce, pengertian e-commerce, jenis e-commerce yang meliputi business to business e-commerce dan business to customer e-commerce, contoh e-commerce, dampak positif dan negative e-commerce, web yang dikeluarkan e-commerce, pengertian Bhineka.com, partner bhineka.com, sekaligus akan dibahas mengenai bhineka.com.

BAB III PENUTUP

Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang kesimpulan-kesimpulan dari masalah yang dibahas .

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.      Sejarah  E-Commerce ( Electronic Commerce)

Sejarah perkembangan e-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah e-commerce. Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet, ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”. Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS). WEB mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protokol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini.

2.2.      Pengertian E-Comerce ( Electronic Commerce)

E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Adapun pendapat mengenai pengertian e-commerce bahwa e-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah sub perangkat dari E-Bisnis. Cara pembayarannya melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. Area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-commerce.

Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :

  1. Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan
    1. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
    2. Secara otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit)
    3. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.

Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
  2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya
  3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/ pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek
  4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

2.3.      Jenis E-Comerce ( Electronic Commerce)

E-Commerce dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C, retail). Kedua jenis e-commerce ini memiliki karakteristikyang berbeda.

2.3.1    Business to Business E-Commerce ( Electronic Commerce)

Business to Business E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
  2. Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
  3. Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
  4. Model yang umum digunakan adalah peer-topeer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis

2.3.2. Business to Consumer E-Commerce ( Electronic Commerce)

Business to Consumer E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
  2. Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
  3. Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakuka inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
  4. Pendekatan client/ server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.

2.4.      Contoh E-Comerce ( Electronic Commerce)

Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1.         Pembelian buku melalui online
2.         Pembelian elektronik melalui online
3.         Pembelian kendaraan melalui online
4.         Pembelian pakaian melalui online, dll.

2.5.      Dampak Positif dan Negatif E-Commerce (Electronic Commerce)

Di dalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak positif dan negativenya.

2.5.1.   Dampak positif E-Commerce, yaitu :

  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional
  2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
  3. Menurunkan biaya operasional(operating cost)
  4. Melebarkan jangkauan (global reach)
  5. Meningkatkan customer loyality
  6. Meningkatkan supplier management
  7. Memperpendek waktu produksi
  8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan )

2.5.2.   Dampak negatif E-Commerce, yaitu:

  1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada
  2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban
  3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam
  4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri
  5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut
  6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

2.6.      Web yang di Keluarkan E-Commerce ( Electronic Commerce)

Ada beberapa Web yang dikeluarkan oleh e-commerce yaitu AMAZON.COM, EBAY.COM, FASTNCHEAP.COM, BHINNEKA.COM. web-web ini berfungsi untuk mejual barang-barang melalui internet. Disini penulis akan menerangkan tentang BHINNEKA.COM .

2.7.      Bhineka.com


2.7.1 Definisi Bhineka.com

Bhineka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman, tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting di Bhineka.com adalah fasilitas yang menyadiakan harga-harga barng-barang elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tepat lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempaat untuk mendapatkan referensi dari harga-harga barang elektronik. Menurut pendapat saya omline store adalah suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di Indonesia pada saat ini terutama Jakarta yang hampir setiap harinya di penuhi oleh kemacetan dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka., online strore ini secara tidak langsung memberikan solusi dan kemudahan bagi para calon pelanggan untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk membeli keperluan mereka.

Pada saat ini Bhineka.com sudah jauh berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online perharinya. Sedikitnya dangkan jumlah pembelanja online ini karena masih banyak orang Indonesia yang masih lebih percaya transaksi offline, demikian yang disampaikan Hendrik Tio, CEO Bhineka.com seperti yang dilansir oleh swa online.

Bhineka.com ini mempunyai bisiness model yang mencakup baik dari B2B maupun B2C, walaupun banyak dari transaksi yang terjadi merupakan B2C.

Core capability mereka adalah dalam menjual segala macam sofware dan hardware kepada para pembeli potensial.

2.7.2 Partner Network Bhineka.com

Partner Network Bhineca.com meliputi:

  1. Microsoft   : Certified, Gold, Partner
  2. Microsoft   : Lisensing, solutions
  3. Microsoft   : Network, Infratukture
  4. Microsoft   : Small, Bisiness, Specialist
  5. IBM           : Business, Partner
  6. HP             : Premier, Business, and System Bilder
  7. Adobe        : Authorized Reseller.

2.7.3 Mengenai Bhineka.com

Bhineka .com merupakan salah satu toko online terbesar di Indonesia yang menjual komputer dan aksesorisnya, tulisan ini penulis buat untuk melihat bagaimana kita bisa menirunya sesuai dengan kebutuhan produk yang ingin kita jual secara online.

Pertanyaan pertama yang paling sering diytanyakan aadlah mengapa harus berpromosi secara online, apa sih untungnya?? Pertama adalah, Anda sama seperti berpromosi 24 jam naonstop. Kedua, Anda layaknya Superhero yang dapat berbeda di tempat yang berbeda di waktunya yang sama, dan dengan ini efektifitas promosi Anda akan meningkat dengan tajam. Ketiga Anda tidak perlu menyewa tempat untuk pemjualn yang relatife mahal sekarang ini, karena anda bisa muli berpromosi online dengan 0 rupiah (menggunakan blog gratisan).

2.7.4 Cara Promosi Bhineka.com

Cara promosi bhineka.com di media website adalah dengan cara sebagai berikut::

  1. Tampilan Situs

Bila kita lihat sepintas Bhineka.com tidak terlihat seperti situs lainnya, di baekground yang dominan warna hijau terdapat semacam ornamen yang mengingatkan kita kepada batik yang sangat khas menggambarkan Indionesia. Terdapat menu navigasi yang lengkap dengan sub menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang diinginkannya. Selain itu Bhineka.com juga menyediakan pilihan untuk ngebrowse produk yang mereka butuhkan. Namun ada satu yang menurut saya agak mengganggu yaitu gambar topeng di sebelah kiri atas, karena membuat header yang berwarna hijau ciamik menjadi terpotong.

Secara umum tampilan Bhineka.com tidak mengecewakan dan bahkan cenderung lebih mudah untuk mencari barang yang diinginkan dan tidak membuat bingung seperti yang sering tampak pada toko online.

  1. Fitur yang cukup lengkap

Kelengkapan fitur yang merupakan syarat mutlak bagi sebuah situs toko online untuk meningkatkan pelayanan yang menjadikan sebuah nilai tambahan dari situs sejenis. Bila kita lihat di Bhineka.com terdapat fitur-fitur yang cukup membantu pengunjung seperti:

  1. Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib).
  2. Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).
  3. Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).
  4. Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).

Namun satu fitur yang kuran dari Bhineka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang memebuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin di beli.

  1. Bahasa campuran

Bila kita perhatikan deskripsi produk di bhineka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila Bhineka.com tersedia dalam dua versi bahasa.

Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kkurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa inggris dengan baik) apabila sepesifikasi produ hanya tersedia dalam bahasa inggris.

  1. URL yang kurang ramah mesin pencari

Hal ini yang perlu kita perhatikan dari Bhineka.com, karena ternyata URL yang digunakan oleh Bhineka.com belum ”ramah” kepada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dll. Karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di Google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari Bhineka.com tidak akan terindex. Jadi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka funakan URL yang ”ramah” mesin pencari supaya calon pembeli cepat menemulan situs Anda.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dengan melihat tujuan-tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk/service dan informasi serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk/service dan informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi dari kualitas yang ada.

Jenis-jenis e-commerce secara umum aktifitas dari e-commerce mencakup berbagai aktifitas mulai dari direct marketing, search jobs, online banking, banking, e-government, e-purchasing, B2B exchanges, ccommerce, m-commerce, auctions, travel, online publishing dan consumer services.

Bhineka.com memang salah satu situs toko online yang perlu dicontoh dalam banyak hal, dan tentu saja masih memilimiki beberapa kelemahan yang perlu kita perhatikan di saat kita ingin membangun sebuah situs toko online., namun di luar itu semua yang lebih penting adalah pemanfaatan kepercayaan pembeli yang datang kepada kita sebagai penjual, karena sebagus apapun situsnya bila pelayanan Anda dalam menindaklanjuti pembelian dan mungkin dalam menanggapi keluhan Pembeli di kemudian hari kurang memuaskan.

DAFTAR PUSTAKA

 

http://akmala.wordpress.com

diakses, tanggal 13 Desember 2009 pukul 14.00

http://www.Bhineka.com

diakses, tanggal 13 Desember 2009 pukul 13.45

http://deny_oklex TUGAS MAKALAH E-COMMERCE.htm

diakses, tanggal 9 Desember 2009 jam 19.15

http://shinta.blog.upi.edu/2009/06/04/makalah-sim-pariwisata/

diakses, tanggal 9 Desember 2009 jam 19.00.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: